Makanan Khas Papua Barat

Makanan khas Papua Barat – Tidak hanya keunikan dan keindahan alam Papua Barat yang memanjakan mata, tapi kulinernya juga. Makanan khas Papua Barat selalu hadir dengan keunikannya yang selalu memanjakan lidah.

Uraian selanjutnya akan menjelaskan beberapa makanan unik khas Papua Barat yang tidak kalah enak.

8 Makanan Khas Papua Barat yang Terkenal Unik

Berikut contoh makanan tradisional khas Papua Barat yang unik dan lezat:

1. Papeda

Makanan khas Papua papeda merupakan olahan berbahan dasar tepung sagu yang bertekstur lengket. Biasa disantap dengan ikan tongkol, bubara, ikan gabus, ikan kuwe atau ikan kakap merah yang sudah dibumbui kunyit.

Disajikan juga dengan kuah kuning serta sayur ganemo untuk menambah rasa yang lebih enak. Sayur ganemo sendiri merupakan hasil olahan dari daun pepaya muda, cabai merah dan daun melinjo yang ditumis.

2. Martabak Sagu

Seperti namanya, makanan khas Fakfak Papua Barat ini terbuat dari tepung sagu yang dihaluskan. Setelah dipastikan halus, adonan akan digoreng dan dicampur gula merah sehingga memiliki cita rasa manis legit.

Kudapan khas Papua ini tersedia dalam beberapa bentuk dan rasa yang berbeda dan sangat enak.

3. Aunuve Habre

Kuliner khas Papua yang disajikan dengan cara unik. Terbuat dari jenis ikan yang memiliki daging kenyal yakni ikan cakalang. Bisa juga menggunakan ikan sejenis tongkol dan tuna.

Ikan dibumbui garam dan sedikit air kemudian dibungkus dengan daun talas yang sudah dikukus. Pembungkus ini yang membuat aroma aunuve habre sangat khas ketika disantap.

4. Sambal Dabu-Dabu Papua

Sambal khas Papua Barat ini sangat terkenal di seluruh nusantara dengan karakteristiknya sendiri. Bahan yang digunakan berupa cabai, gula, tomat, garam dan bawang merah yang dipotong kecil dan diulek kasar.

Pada sentuhan terakhir, sambal akan ditambah sedikit potongan jeruk purut dan perasan jeruk nipis. Inilah yang membuat sambal dadu-dadu Papua berbeda dengan yang ada di daerah lainnya.

5. Sate Ulat Sagu

Dari namanya saja, sate ulat sagu sudah cukup aneh bagi kebanyakan orang. Ulat sagu yang berasal dari pohon sagu tua ini menjadi pemain utama dalam kuliner khas Papua yang unik ini.

Ulat sagu ditusuk seperti sate kemudian dibakar dan akan memiliki tekstur lunak di bagian dalam dan keras di luar. Disantap bersama sambal kecap atau sambal kacang sehingga memiliki perpaduan rasa asin dan manis.

6. Udang Selingkuh

Kuliner khas Wamena ini merupakan hidangan udang yang dicapit menyerupai kepiting. Bahan dasar yang digunakan adalah jenis lobster air tawar atau udang karang.

Daging udang akan terasa lembut di lidah dengan cita rasa gurih dan manis. Bumbu khas olahan udang selingkuh yang direbus ataupun digoreng sama-sama nikmat ketika disantap.

7. Ikan Bakar Manokwari

Makanan khas Papua Barat ikan bakar manokwari disajikan dengan siraman sambal mentah bertekstur kasar. Supaya lebih khas, kuliner unik satu ini biasa menggunakan ikan tongkol untuk dibakar.

Ikan terasa lebih nikmat dengan tambahan jeruk nipis, lada dan garam yang meresap dalam daging ikan.

8. Sambal Colo-Colo

Sambal khas Papua selanjutnya yakni sambal colo-colo yang memiliki sensasi rasa asam sekaligus pedas. Rasa asam ini didapat dari tambahan air perasan jeruk nipis sehingga pedasnya tidak terlalu terasa.

Pencampuran sempurna dari cabai, bawang, sedikit tomat dan garam yang membuat rasanya juga segar. Sambal ini biasa dihidangkan bersama aneka olahan seafood untuk memberi sensasi rasa pedas.

Keunikan dari makanan khas Papua Barat tersebut akan melengkapi wisata kuliner khas nusantara. Di mana masakan ini hanya bisa kamu temukan di ujung barat Pulau Papua.