Makanan Khas Bandung

Makanan khas Bandung –┬áSebagai ibu kota provinsi Jawa Barat, wajar jika Bandung menjadi salah satu kota dengan aktivitas yang sangat padat. Selain diramaikan oleh industri dan pendidikan, Bandung juga kerap menjadi pilihan berwisata warga setempat maupun yang berasal dari luar daerah. Tempat wisata Bandung selalu identik dengan alam, pemandangan yang asri dan udaranya yang sejuk.

Makanan Khas Dari Bandung

Bandung tidak hanya memanjakan mata melalui pemandangan cantik yang dimilikinya. Kota yang memiliki julukan Paris Van Java ini juga selalu berhasil memanjakan lidah dengan kuliner khasnya. Siapapun tidak akan kehabisan ide untuk menyantap makanan lezat saat di Bandung. Pasalnya di berbagai tempat akan sangat mudah menemukan makanan khas yang setiap saat bisa Anda cicipi. Inilah beberapa kuliner Bandung yang paling direkomendasikan.

1. Seblak

Seblak yang merupakan makanan khas Bandung kini mulai terkenal di wilayah lain di Pulau Jawa. Makanan ini terbuat dari krupuk yang dicampur dengan sosis, bakso, mie, jamur, daging dan masih banyak lagi. Semuanya berpadu dalam kuah bercita rasa gurih pedas dan sarat dengan bumbu rempahnya yang khas. Harganya pun terbilang murah dan satu porsi Seblak khas Bandung ini dijamin bisa mengenyangkan perut.

2. Nasi Timbel

Kuliner nasi memang akan selalu menjadi bagian dari ciri khas makanan khas Indonesia. Di Bandung, ada menu nasi yang patut dicoba yaitu Nasi Timbel. Sebagaimana konsep yang dikenalkan, Nasi Timbel sebagai menu khas pedesaan ini disajikan di atas alas daun pisang. Sebagai pelengkap kenikmatannya, menu Nasi Timbel disertai dengan lauk berupa tempe, tahu dan ayam goreng. Lalapan dan sambal juga tidak boleh terlewatkan.

3. Mie Kocok

Banyak daerah di Indonesia yang memiliki menu makanan khas berbahan mie. Di Bandung, ada kuliner Mie Kocok yang menjadi ciri khasnya. Makanan khas Bandung ini dilengkapi dengan sayuran dan kikil sapi dalam satu porsinya. Penyajian makanan yang biasanya dijual dengan gerobak ini dengan cara dikocok yang menjadi awal penamaannya. Mie Kocok Bandung tersedia di banyak tempat di seluruh kota dengan harga yang tergolong murah.

Baca juga: Makanan khas Papua Barat

4. Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca dikenal sebagai makanan khas suku Sunda. Ada bahan tambahan berupa oncom yang semakin menambah nikmat kuliner yang satu ini. Cita rasa dalam seporsi Ulukutek Leunca inipun sangat beragam, mulai dari pedas, gurih dan renyah. Bahkan makanan ini disebut bisa memenuhi kebutuhan kalori, vitamin dan senyawa lain bagi tubuh. Ulukutek Leunca bisa dimakan bersama nasi putih hangat dan sambel terasi.

5. Peyeum

Setelah menikmati semua makanan enak dari Bandung, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh berupa camilan khas. Salah satu yang paling tidak boleh dilupakan adalah peyeum. Camilan yang terbuat dari singkong ini disebut mirip tape, namun teksturnya lebih padat dan kering. Peyeum umumnya dikemas dalam wadah yang terbuat dari anyaman bamboo dengan alas daun pisang.

6. Tahu Susu

Selain peyeum, bawa pulang juga tahu susu sebagai oleh-oleh dari Bandung. Seperti tahu pada umumnya, tahu susu juga dibuat dari kedelai dengan proses yang sama. Tambahan bahan susu murni pada proses pembuatan tahu membuat makanan yang satu ini bercita rasa lebih gurih. Bagian dalam susu tahu juga sangat lembut. Tahu susu bisa dinikmati bersama saus atau sambal.

Beragam makanan khas Bandung akan membuat kunjungan Anda ke kota tersebut semakin menyenangkan. Bahkan Anda juga bisa membawa pulang beberapa jenis kuliner sebagai buah tangan yang dijamin akan membuat Anda ingin kembali lagi ke Bandung.